Minum Madu
Kesehatan

Menurut Ahli Gizi, Begini Cara Tepat Minum Madu

DOTLARE — Adanya pandemi Covid-19 membuat tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan semakin meningkat. Mereka seperti berlomba-lomba melindungi dirinya agar tidak terinfeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dari segi nutrisi dengan minum madu.

Agar kebutuhan nutrisi tubuh bisa tercukupi dan untuk meningkatkan imunitas, masyarakat diimbau untuk mengonsumsi makanan dengan pola makan diet seimbang. Di sisi lain, ada yang merasa dengan diet seimbang saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Beberapa orang memilih minum suplemen tambahan seperti madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Dalam suatu webinar belum lama ini, spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya dr Diana F. Suganda, M.Gizi, SpGK mengatakan dalam satu sendok madu terkandung banyak mikronutrien.

“Menurut jurnal tahun 2019 madu kaya mikronutrien, banyak multivitamin lengkap seperti kalsium zay besi, magnesium, fofor, kalium, natrium, dan seng. Sehingga dalam satu senok madu kita bisa mendapatkan berbagai mikronutrien,” kata dr Diana.

Madu juga mengandung banyak mineral dan vitamin B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Di dalam madu juga mengandung enzim glukosa oksidase (GOD) yang berperan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Tentunya hal itu dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Madu juga mengandung prebiotik fructo-oligosaccharide (FOS) yang merangsang produksi bakteri baik di usus. Bakteri baik ini bertugas membantu menyehatkan sistem saluran cerna. Lalu bagaimana cara yang tepat mengonsumsi madu agar bisa mendapatkan manfaatnya?

“Madu silakan dikonsumsi 1-2 sendok makan per hari. Bisa juga diminum langsung atau dicampur dengan makanan atau minuman lain, itu enggak ada masalah. Tapi, madu tidak untuk anak dibawah 1 tahun,” pungkas dr Diana.”

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *