Minum Jamu
Kesehatan

Minum Jamu Pasca Melahirkan Boleh Gak Sih?

DOTLARE — Sebenarnya tidak mengapa, jika Bunda minum jamu setelah melahirkan untuk mengurangi rasa nyeri atau tidak nyaman. Tapi Bunda harus benar-benar tahu kandungan bahan pada jamu itu lo!

Bahan jamu memang baik untuk kesehatan Bunda setelah melahirkan, seperti kunyit, jahe, temu kunci, dan temulawak, mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk ibu melahirkan.

Di dalam kunyit terkandung vitamin B6, vitamin C, kalium, mangan, dan magnesium. Kunyit juga bisa menyembuhkan luka pasca melahirkan berkat sifat antiradang yang ada di dalamnya.

Jahe adalah salah satu bahan alami yang sering dipakai untuk keperluan membuat jamu, mengandung vitamin B6, vitamin E, magnesium, zat besi, kalium, dan selenium.

Jahe juga dikenal dengan sifat antiradang yang membantu mempercepat penyembuhan luka setelah melahirkan. Kandungan galaktagog juga dapat membantu merangsang produksi ASI.

Namun, sebelum memutuskan untuk minum jamu setelah melahirkan, ada baiknya Bunda pertimbangkan kembali bahwa tidak semua kondisi kesehatan diizinkan untuk meminum jamu.

Kondisi tubuh setiap ibu setelah melahirkan berbeda-beda sehingga jika mengonsumsi jamu bisa saja menimbulkan efek samping tertentu yang berbeda pula.

Untuk itu, ada baiknya Bunda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk minum jamu. Karena takutnya bisa menimbulkan efek samping atau risiko yang mungkin bisa timbul dengan kondisi tubuh Anda pascapersalinan.

Dokter biasanya juga telah meresepkan beberapa jenis obat guna memulihkan kondisi Bunda saat itu. Beberapa kondisi tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan interaksi dari jamu dan obat yang kurang baik untuk kesehatan.

Namun jika memang diizinkan oleh dokter, ada baiknya Bunda jangan membeli jamu sachet karena dikhawatirkan terdapat kandungan yang tidak menyehatkan seperti bahan pengawet.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *