Ilustrasi minum air putih (freepik)
Kehamilan

Minuman Segar Dan Sehat Untuk Ibu Hamil

DOTLARE – Saat hamil Bunda perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, mengingat saat hamil kebutuhan cairan meningkat. Tetap terhidrasi saat hamil dengan minuman segar juga menjadi hal yang krusial bagi tumbuh kembang Si Kecil yang ada di kandungan Bunda.

Bunda bisa memilih beberapa minuman berikut ini yang tak hanya menyegarkan untuk Bunda, tapi juga bisa menjaga agar tetap terhidrasi dan baik untuk kesehatan dan perkembangan Si Kecil.

1. Air Putih

Minum air putih menjadi lebih penting lagi karena kebutuhan cairan saat hamil meningkat. Kandungan hidrogen dan oksigen dalam air penting untuk kesehatan sel darah serta dapat membantu Bunda mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan risiko persalinan prematur.

2. Air Kelapa

Selain untuk mencegah dehidrasi, air kelapa juga merupakan sumber vitamin C, magnesium, potasium, dan antioksidan yang baik. Air kelapa juga dapat membantu menstabilkan gula darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Es Teh

Es teh diketahui juga dapat membantu meredakan morning sickness saat hamil. Namun, karena teh mengandung kafein, pastikan Bunda membatasi jumlah konsumsi teh per harinya ya.

4. Infused Water

Bunda bisa menambahkan buah beri segar, melon, jeruk, apel, pir, atau buah tropis lannya ke dalam air tawar, lalu diamkan di lemari es selama beberapa jam. Bunda juga bisa menambahkan rempah-rempah, atau sayuran seperti mentimun atau seledri

5. Limun atau Lemonade

Yup, mengonsumsi limun memang baik dilakukan untuk menghidrasi tubuh Anda. selan itu limun juga kaya akan vitamin C dan bisa membantu meredakan mual muntah atau morning sickness saat hamil.

6. Susu dan Produk Olahannya

Saat hamil, Bunda membutuhkan asupan kalsium. Sumber kalsium ada pada susu atau produk olahan susu lainnya seperti yoghurt. Kandungan protein dalam susu juga ternyata dapat mendukung pertumbuhan bayi Anda secara keseluruhan.

7. Smoothies

Pilihan minuman yang tepat untuk diminum, khususnya saat trimester pertama. Bunda bisa memilih berbagai buah beri, alpukat, kiwi, persik, ceri, atau buah lainnya untuk dijadikan smoothies. Tambahkan protein dan lemak sehat juga sehingga bisa menyeimbangkan gula dan mengurangi lonjakan gula darah saat hamil.

8. Jus Hijau

Jus hijau dapat bermanfaat untuk kesehatan usus, meningkatkan sistem kekebalan, dan sebagai detoksifikasi serta baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Minuman ini bersifat basa sehingga dapat membantu mengurangi keasaman dalam tubuh Anda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *