Ilustrasi rumah sehat (freepik)
Keluarga Kesehatan

Pengin Punya Rumah Sehat? Begini Caranya

DOTLARE — Mempunyai rumah sehat tentu saja merupakan idaman semua orang. Tapi seperti apa sih rumah sehat itu? Dan bagaimana cara menatanya?

Berikut beberapa cara yang dapat diaplikasikan agar rumah makin sehat:

Pencahayaan Alami
Pencahayaan alami dalam desain rumah sangat penting. Hal itu karena pencahayaan alami dapat mempengaruhi aktivitas dan berdampak pada kesehatan penghuninya.

Selain sebagai penerangan, pencahayaan alami berfungsi pembunuh bakteri dan mengurangi kelembapan dalam ruang. Sinar matahari di pagi hari juga bagus lho untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Selektif Memilih Barang Perabotan
Perlu Bunda tahu, pemilihan material pada desain rumah ternyata harus dilakukan dengan sangat bijaksana. Bukan semata-mata untuk estetika atau keindahan, tetapi juga untuk menjaga kondisi penghuni agar tetap sehat,

Hal yang perlu diperhatikan adalah masih banyak benda-benda yang mengadung zat berbahaya bagi anak-anak, apalagi bayi.

Perhatikan Sirkulasi Udara
Keberadaan bukaan dan ventilasi udara di dalam rumah sangat penting untuk sistem sirkulasi pengudaraan yang baik.

Kalau bisa, terapkan sistem cross ventilation sehingga udara segar bisa masuk ke dalam menggantikan udara yang ada di dalam rumah. Jika ventilasi dirasa belum cukup untuk mendinginkan ruang, bisa saja menggunakan air conditioner.

Namun jangan menggunakannya setiap saat karena akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda.

Hijaukan Rumah 
Tanaman membuat desain rumah tampak adem, asri, dan segar. Kehadiran taman membawa dampak baik terhadap kesehatan tubuh dan mental penghuninya.

Taman dan vegetasi dapat membantu mengatur sirkulasi udara, temperatur, dan kelembapan udara. Selain itu, vegetasi memiliki beragam fungsi, seperti menghasilkan oksigen dan menyaring udara kotor.

Dari sisi psikologis, kehadiran taman dan vegetasi dapat menjadi media relaksasi dan penghilang stres maupun kejenuhan sehingga baik untuk kesehatan mental penghuni rumah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *