minuman jus (freepik)
Ibu dan Anak Kesehatan

Perhatian, Begini Ketentuan Bayi Boleh Minum Jus

DOTLARE – Minum jus sudah menjadi kebiasaan sebagian anak. Lalu bagaimana dengan bayi? Bolehkah bayi minum jus buah?

Bayi minum jus, boleh saja. Tapi ada syaratnya, yaitu minimal usia 8 bulan dan konsumsi jus tiap hari tidak boleh lebih dari 4 ons. Bayi sebenarnya tidak terlalu butuh minuman jus. Hal itu karena semua zat yang dibutuhkan dalam tubuh sudah terkandung dalam ASI.

Kerusakan gigi
Karena mengandung gula yang tinggi, kebanyakan minum jus bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan karies gigi. Kebiasaan anak minum jus langsung dari botol atau kardus jus, baik siang hari maupun malam menjelang tidur, mempercepat perkembangan karies gigi.

Perut kembung dan tidak nyaman
Karena sistem pencernaannya belum sempurna, bayi sangat rentan mengalami sakit perut. Saluran pencernaan bayi di bawah 6 bulan belum memiliki cukup enzim yang diperlukan untuk mencerna tingginya gula dalam jus. Bahkan, sistem pencernaan orang dewasa sekalipun memiliki batasan sendiri untuk mencerna jus pada satu waktu.

Diare
Salah satu faktor yang menyebabkan anak diare adalah konsumsi jus dalam jumlah yang besar (lebih dari 5 ons atau 150 ml per hari). Gula yang lewat ke usus besar menarik cairan tambahan dan bakteri hadir dalam usus untuk fermentasi gula. Hal ini dapat menyebabkan produksi gas berlebih dan membuat feses berair (diare).

Pertumbuhan anak terhambat
Ternyata konsumsi jus yang berlebihan (disertai dengan kurangnya asupan nutrisi organik) dapat menjadi faktor yang dapat menghambat perkembangan anak.

Jika konsumsinya tidak dibatasi, jus akan terus menekan nafsu makan anak. Lama kelamaan, jus dikhawatirkan menggantikan sumber nutrisi yang justru sangat dibutuhkan anak untuk berkembang, seperti ASI, susu formula atau makanan bergizi lainnya.

Pedoman pemberian jus pada bayi
Jika Bunda berencana untuk memberikan jus pada anak, ikuti tips di bawah ini:
– Sajikan 100% jus buah asli, bukan minuman jus atau campuran minuman bubuk.
– Tidak lebih dari 4-6 ons (120-170 ml) per hari
– Sajikan jus dalam gelas, bukan dalam botol

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *