Ilustrasi masa kehamilan (freepik)
Kehamilan

Rempah Rempah Ini Bahaya Bagi Ibu Hamil

DOTLARE — Siapa yang tidak senang dengan kehadiran buah hati? Pasti semua anggota keluarga senang dong. Nah biasanya, selama masa kehamilan, calon Bunda bakal menjaga betul berbagai hal. Termasuk soal makanan.

Memang sih, banyak pantangan bagi ibu hamil, termasuk pantangan tidak boleh mengonsumsi makanan tertentu. Dari sekian banyak pantangan itu, salah satunya adalah mengomsumsi beberapa jenis rempah rempah. Apa aja sih rempah rempah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Jahe
Minum wedang jahe pasti enak, terasa hangat dan segar. Tapi bagi ibu hamil, untuk sementara hindari dulu ya mengonsumsi jahe. Karena jahe bisa menyebabkan kontraksi prematur. Memang sih belum ada penelitian yang menjelaskan secara pasti takaran jahe yang bisa menyebabkan kontraksi. Tapi lebih baik mencegah kan ya Bund daripada mengobati.

2. Kunyit
Mengonsumsi kunyit bisa menyebabkan pendarahan. Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi kunyit dalam jumlah besar karena bisa memicu terjadinya kontraksi rahim. Selain itu bisa menyebabkan perdarahan dan reaksi alergi, bahkan mengakibatkan gangguan pada pencernaan, hati, dan kantung empedu. Namun, Bunda masih bisa kok mengonsumsi kunyit yang dijadikan bumbu masakan dalam jumlah wajar.

3. Ginseng
Rempah rempah ini bisa menghambat perkembangan janin. Meskipun sering dijadikan herbal, tapi ginseng tidak cocok untuk ibu hamil. Hal itu karena zat kimia dalam ginseng bisa mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan janin di dalam rahim. Menyebabkan ibu hamil diare, perdarahan bahkan paling buruk cacat lahir.

4. Kayu manis
Kayu manis harus dihindari ibu hamil karena dapat menyebabkan ibu hamil beser alias kerap buang air kecil. Bahkan mengalami dehidrasi. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam ginseng, jika dikonsumsi dalam jumlah besar maka akan membahayakan janin dalam kandungan.

5. Rosemary
Rempah yang satu ini perlu dihindari ibu hamil karena bisa menyebabkan kontraksi rahim. Biasanya, rosemary dipakai untuk masak steak atau masakan lainnya. Sama seperti keempat rempah pada ulasan di atas, Rosemary tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan saat hamil. Efeknya bisa persalinan prematur, bahkan bisa keguguran.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *