khasiat sirsak
Kesehatan

Segar Dikonsumsi, Sirsak Punya Khasiat untuk Kesehatan

DOTLARE — Bunda pasti sudah tak asing dengan buah yang satu ini. Ya, sirsak. Meski asalnya dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, buah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan khasiat sirsak untuk kesehatan juga banyak.

Buah ini adalah buah yang punya cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan. Sirsak bisa dikonsumsi langsung, maupun diolah terlebih dahulu. Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol.

Buah Kaya Nutrisi

Perlu Bunda tahu nih, ternyata, tiap 100 gram daging sirsak yang kita konsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari.

Sirsak juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B dan nutrisi lainnya. Selain buahnya yang banyak dikonsumsi secara langsung, daun dari buah ini juga punya segudang manfaat bagi kesehatan:

1. Obat asam urat

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang berikutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

2. Obat kanker

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat mengatasi penyakit kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker.

3. Mengobati kolesterol

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa mengobati kolesterol. Kolesterol seringkali banyak menyebabkan komplikasi penyakit. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, daun sirsak bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

4. Nyeri punggung

Air rebusan daun sirsak juga memiliki khasiat sebagai bahan alternatif alami yang bisa mengatasi nyeri punggung. Cara menggunakan daun sirsak yaitu, rebus 20 lembar daun sirsak dalam lima gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3/4 cangkir ramuan ini sekali sehari.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sebagai bahan alami, daun sirsak juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Daun ini memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbangkan mikroflora pada usus.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *