Manfaat lengkuas (lipi.go.id)
Kesehatan

Selain Bikin Sedap Masakan, Ini Manfaat Lengkuas

DOTLARE — Bunda sering menggunakan lengkuas untuk bumbu masakan? Tak hanya membuat sedap masakan, lengkuas juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lengkuas adalah rempah-rempah asal Asia Selatan yang mirip dengan jahe dan kunyit. Lengkuas memiliki rasa dan komposisi nutrisi yang berbeda.

Lengkuas mengandung galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Rempah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik.

India Kuno dan Tiongkok

Selama berabad-abad, lengkuas telah digunakan dalam pengobatan India kuno dan tradisional Tiongkok. Beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan, di antaranya:

Kaya antioksidan
Antioksidan membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan vitamin C, alpin, dan galangin dalam lengkuas juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi peradangan dan nyeri
Lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit. Lengkuas juga dianggap dapat mengurangi rasa sakit yang menjadi gejala umum peradangan.

Melindungi diri dari infeksi
Menambahkan lengkuas segar ke masakan juga mampu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh makanan kurang matang. Minyak esensial yang diekstrak dari lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme.

Meningkatkan kesuburan pria
Penelitian dilakukan selama 3 bulan terhadap 66 pria dengan kualitas sperma yang rendah. Terjadi 62 persen peningkatan pergerakan sperma setelah mereka diberi suplemen harian yang mengandung ekstrak lengkuas dan buah delima. Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk benar-benar membuktikan efek lengkuas pada kesuburan pria.

Meringankan sakit perut dan masalah pencernaan
Lengkuas dipercaya dapat meringankan sakit perut dan masalah pencernaan. Lengkuas sering digunakan untuk menenangkan perut yang tak nyaman, mengatasi diare, mengurangi muntah, dan menghentikan cegukan.

Mendukung kesehatan otak
Dengan mengurangi plak beta-amyloid di otak, rempah ini bisa memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian sel saraf di otak yang bisa menyebabkan gangguan gerakan tubuh dan fungsi mental.

Berpotensi antikanker
Komponen galangin di dalam lengkuas memiliki sifat antikanker. Galangin sangat efektif dalam kasus kanker melanoma, hepatoma, dan usus besar.

Itu tadi beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *