Alpukat (freepik)
Ibu dan Anak

Sering Konsumsi Buah Alpukat, Ini Dia Manfaatnya

DOTLARE –Halo Bunda. Saat ini dotlare.com akan mengupas tentang bermacam khasiat buah alpukat.

Kenapa buah alpukat? Karena buah ini mengandung beragam vitamin dan mineral penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati Bunda.

Alpukat mengandung antara lain Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Zat Besi, Asam Folat, Kalium, dan Antioksidan. Apa aja sih khasiat buah yang sedap banget kalau dibikin jus ini?

Sumber protein
Buah alpukat punya kandungan protein yang paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Manfaat protein bagi tubuh antara lain sebagai antibodi untuk menangkal zat asing yang masuk ke tubuh, pembentukan struktur sel, membantu pertumbuhan, memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak, dan mengangkut lemak, vitamin, mineral, dan oksigen ke seluruh tubuh.

Menangkal radikal bebas
Alpukat baik untuk menunjang sistem imun tubuh bayi sehingga mampu melindunginya dari bahaya polusi dan radikal bebas.

Selain bermanfaat memperkuat otot jantung dan meringankan beban kerja organ hati, antioksidan glutathione yang ada pada alpukat juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi secara menyeluruh terhadap ancaman radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Mendukung perkembangan otak
Kandungan asam lemak omega 3 dalam buah alpukat berkhasiat untuk mendukung perkembangan otak. Jika perkembangan otak bayi berjalan baik, maka ia pun akan cepat belajar dan berprestasi di masa depan.

Melindungi hati dan jantung
Bila bayi rutin mengonsumsi alpukat sejak dini, organ-organ vital di tubuhnya seperti jantung dan hati akan lebih kuat dan terlindungi dari risiko kerusakan.

Mempercepat penyembuhan luka
Buah hati Bunda pasti sudah aktif bermain ya. Kadang kala mungkin lecet ya saat sedang beraktivitas. Nah, kandungan gizi dalam buah alpukat ini bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan Vitamin K dalam buah alpukat membantu mempercepat berhentinya pendarahan. Dan kandungan vitamin E di dalam alpukat membantu regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih cepat agar luka bayi segera tertutupi lapisan kulit baru.

Memperlancar proses pencernaan
Manfaat lain buah alpukat untuk bayi adalah menghindarkannya dari risiko konstipasi dan menjaga sistem pencernaannya tetap sehat. Alpukat membantu mengatur kadar asam pada perut sehingga sistem pencernaan bayi lebih lancar. Selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita, alpukat juga menjaga sistem metabolisme tubuh bayi berjalan dengan baik.

Memperkecil risiko obesitas
Kandungan karbohidrat di dalam alpukat hanya sedikit, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh bayi. Hal ini akan mencegah bayi kelebihan mengonsumsi gula sekaligus dapat memperkecil risiko obesitas. Dengan demikian, buah alpukat sangat baik untuk dijadikan menu makanan pendamping ASI (MPASI) tanpa perlu khawatir akan menjadi gemuk.

Mengatur tekanan darah
Kandungan folat dan kalium di dalam buah alpukat bermanfaat untuk membantu mengatur tekanan darah. Sebagai dampaknya, ia akan terhindar dari serangan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika terus dikonsumsi hingga ia beranjak dewasa, maka tekanan darahnya akan cenderung normal dan berisiko kecil mengalami stroke ataupun serangan jantung.

Mencegah anemia
Kandungan vitamin C, vitamin B6, folat dan riboflavin berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang diketahui baik untuk mencegah anemia. Zat besi juga berperan penting dalam mengoptimalkan kecerdasan dan perkembangan motorik bayi.

Nah Bunda sudah tahu kan khasiat buah alpukat untuk buah hati tercinta. Yuk mulai rajin konsumsi buahalpukat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *