Makan Pasta Gigi
Kesehatan

Si Kecil Makan Pasta Gigi, Bahaya Nggak Ya?

DOTLARE – Kita tentu senang ketika melihat si kecil sudah bisa menggosok giginya sendiri. Tapi bagaimana jika saat menggosok gigi itu, si kecil tanpa sengaja menelan pasta gigi. Atau, jangan-jangan malah si kecil dengan sengaja makan pasta gigi. Berbahayakah?

Tak dimungkiri, aroma dan rasa pasta gigi yang manis segar seperti permen memang memancing anak-anak penasaran untuk mencicipinya. Untuk diketahui, kebanyakan pasta gigi diformulasikan dengan fluoride bersama dengan bahan abrasif (pasir) dan sabun.

Pasta gigi yang dijual bebas biasanya mengandung konsentrasi fluoride rendah. Fluoride berfungsi membantu mencegah kerusakan gigi dengan menjaga enamel gigi tetap kuat, dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam plak.

Ketika fluoride berada di perut, itu dapat menyebabkan iritasi yang menyebabkan mual, muntah, dan diare. Itu sebabnya, anak-anak yang makan pasta gigi dapat mengalami gejala ringan gangguan saluran pencernaan.

Cara Mengatasi

Lalu, bagaimana bila si kecil terlanjur menelan pasta gigi? Meludahkan pasta gigi dapat membantu menghalangi efek negatif dari fluoride dosis rendah ini. Selain itu, coba berikan si kecil camilan atau minuman yang mengandung kalsium. Yogurt atau susu akan membantu mencegah sakit perut karena kalsium yang terikat dengan fluoride.

Walaupun tak berbahaya, tapi sebaiknya kita berhati-hati ya. Ada baiknya tempatkan pasta gigi yang sulit dijangkau si kecil, atau tetap awasi si kecil saat menggosok gigi.

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. […] begitu, pemakaian pasta gigi harus menyesuaikan dengan usia anak ya. Untuk anak dibawah usia 3 tahun, cukup berikan sedikit […]

  2. […] kita, orang dewasa maupun anak-anak, sangat dianjurkan mandi dua kali sehari. Umumnya pagi dan sore. Tapi bisa juga lebih dari itu saat tubuh kita kotor atau bau setelah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *