Ilustrasi mengasuh anak (freepik)
Ibu dan Anak

Ini Tips Membiasakan Anak Hidup Sehat

DOTLARE — Kesehatan anak nomor satu. Sebagai orang tua kita perlu membiasakan anak hidup sehat. Masalahnya, menjaga buah hati tetap sehat, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Belum lagi, kesehatan anak juga dipengaruhi oleh banyak faktor, selain kebiasaan di rumah, seperti lingkungan hingga cuaca.

Orang tua perlu memikirkan hal-hal yang harus diajarkan, agar buah hati terbiasa hidup sehat. Berikut ini, 10 tips yang bisa Anda coba:

Biasakan agar anak rajin cuci tangan
Membiasakan buah hati untuk rajin cuci tangan dengan cara yang benar adalah salah satu langkah menjaga kesehatan anak yang paling sederhana.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak
Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, pastikan mereka untuk tidur yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Memastikan kesehatan mentalnya juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Ajarkan kebiasaan yang sehat
Ajari anak untuk tidak menggosok matanya terus-menerus dengan tangan, karena kuman dari tangan bisa masuk ke mata. Jangan pula berbagi gelas atau sikat gigi dengan orang lain karena bisa mentransfer kuman. Selain itu, ajari anak untuk menutup mulut dan hidungnya ketika bersin atau batuk, dan jangan terlalu dekat pada orang yang sedang batuk atau bersin.

Berikan imunisasi dan pemeriksaan rutin untuk anak
Membiasakan anak untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin seperti pemeriksaan gigi dan mata, akan membantu deteksi dini apabila anak terkena penyakit tertentu. Langkah ini juga merupakan langkah pencegahan penyakit yang efektif. Pastikan anak mendapatkan imunisasi dasar yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Menyajikan makanan sehat untuk anak
Dibanding memberikan anak makanan yang penuh lemak, gula, dan tinggi kalori, seperti makanan cepat saji, hidangkanlah makanan yang sehat di rumah.

Atur porsi makan anak
Anda harus memastikan anak makan dengan cukup, tidak terlalu sedikit, tapi tidak juga berlebihan. Jika terlalu sedikit, anak bisa kurang gizi dan nutrisi, sehingga mudah sakit. Sementara itu, jika makan berlebihan, dikhawatirkan akan mengalami diabetes.

Ajak anak untuk aktif bergerak
Bantu anak agar ia dapat bergerak aktif, setidaknya selama satu jam setiap harinya, secara total. Ajak anak melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasannya, serta melatih kekuatan otot dan tulangnya.

Mengajari anak menjaga kesehatan gigi
Ajarkan anak untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Bawa anak setiap 6 bulan sekali untuk menjalani pemeriksaan ke dokter gigi.

Hindari penggunaan sabun maupun produk antibakteri secara berlebihan
Cuci tangan dengan sabun antibakteri memang baik untuk menjaga kesehatan anak. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik. Jika digunakan secara berlebihan, sabun tersebut tidak hanya akan menghancurkan bakteri penyebab penyakit, tapi juga bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ciptakan lingkungan yang aman untuk anak
Membiasakan anak hidup sehat juga harus menjadikan lingkungan sekitarnya menjadi tempat yang aman untuknya bertumbuh.  Selain itu, Anda juga perlu menjauhkan benda-benda berbahaya seperti pisau, gunting, hingga obat-obatan dari jangkauan anak.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *