Ilustrasi masa kehamilan (freepik)
Kehamilan

Traveling bagi Ibu Hamil, Ini Tipsnya

DOTLARE — Masa kehamilan adalah masa yang dinanti-nanti bagi pasangan muda. Ya, kehadiran buah hati merupakan idaman semua pasangan yang telah menikah. Nah bagi Bunda yang punya hobi bepergian alias traveling, tetap bisa jalan-jalan kok meskipun sedang hamil. Berikut ini sejumlah tips traveling bagi ibu hamil yang bisa dilakukan:

1. Rencanakan dengan matang
Rencanakan terlebih dulu apa yang akan dibutuhkan selama berlibur. Bikin daftar apa saja yang akan dibawa. Benda yang tidak kalah penting adalah perlengkapan untuk persalinan. Buat rencana perjalanan yang santai, jangan terburu-buru agar Bunda punya cukup waktu untuk beristirahat.

2. Pilih lokasi tujuan
Pilih tujuan yang menyenangkan bagi Bunda. Bisa saja ke objek wisata lokal yang jaraknya dekat. Karena, perjalanan cukup lama bisa membuat Bunda menjadi tidak nyaman. Lebih baik lagi jika objek wisata itu berdekatan dengan pusat kesehatan atau klinik.

3. Pilih barang bawaan
Kemasi pakaian dan perlengkapan yang membuat aktivitas Bunda nyaman selama traveling. Bawa pakaian sesuai kondisi di tempat tujuan wisata, apakah termasuk daerah dingin atau sebaliknya.

4. Nikmati liburan
Selama perjalanan, jangan lupa melakukan peregangan setiap satu jam. Hal ini untuk menghindari pembengkakan. Bunda harus rileks selama traveling. Sering-sering beristirahat agar badan tetap nyaman dan agar tidak kelelahan.

5. Nikmati Kuliner 
Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas di lokasi wisata tersebut. Santap menu yang sehat agar kesehatan jabang bayi dan Bunda tetap terjaga. Bisa juga makan banyak buah dan sayuran karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

6. Sering beristirahat
Hamil terkadang membuat Bunda mudah lelah.  Oleh karena itu saat berlibur lebih baik sering beristirahat. Bunda juga harus sering beristirahat untuk mengurangi pembengkakan di kaki.

8. Lakukan hal yang menyenangkan
Misal jalan-jalan di lokasi objek wisata pantai atau objek lainnya sambil menghibur diri. Sehingga perasaan senang dan tenteram. Ada beberapa kegiatan yang harus Bunda hindari selama liburan. Misalnya wahana yang berbahaya seperti roller coaster atau bumper car.

Itulah tadi tips traveling bagi ibu hamil yang merencanakan untuk berwisata. Sekali lagi, utamakan kenyamanan Bunda dan sebisa mungkin pilihlah lokasi wisata yang tidak jauh dari klinik kesehatan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *