Usia anak disunat
Ibu dan Anak Kesehatan

Waktu Yang Tepat Anak Disunat Pada Usia Ini

DOTLARE – Di Indonesia tindakan kebanyakan orang tua melakukan sunat atau khitan kepada anaknya saat duduk di bangku sekolah dasar atau berusia 10-12 tahun. Ada pula yang sudah berani melakukannya saat usia 5 tahun. Sebenarnya pada usia berapa sih waktu yang bagus untuk anak disunat?

Sebetulnya, sunat bisa dilakukan kapan saja tergantung kesiapan dari orangtua dan anak. Namun waktu yang baik seorang anak disunat saat usianya belum 6 bulan. Lebih cepat lebih baik karena tumbuh kembang manusia paling baik adalah saat bayi. Waktu-waktu pertumbuhan selnya cepat di usia bayi. Apalagi jika sudah satu tahun sudah bisa pegang-pegang sendiri, namun belum mengerti.

Apa alasan yang membuat para ahli medis menyarankan anak disunat pada usia bayi? Beberapa ahli mengatakan, pada bayi yang baru lahir sekitar usia satu minggu, darah yang keluar saat proses sunat masih sedikit. Lagipula, rasa sakit yang dirasakan juga belum terlalu berat. Pada usia bayi, risiko trauma oleh proses sunat juga tidak akan berpengaruh ke depannya bagi anak.

Namun yang perlu diperhatikan Ayah Bunda, menyunat anak laki-laki saat masih bayi juga tidak bisa langsung sembarang dilakukan. Kondisi bayi harus sehat, dan kondisi organ vitalnya harus dalam keadaan yang stabil.

Biasanya dokter jarang melakukan sunat untuk bayi di bawah lima tahun untuk alasan medis. Tapi, jika ada kondisi atau keadaan tertentu seperti infeksi pada kelenjar, fimosis, atau terdapat jaringan parut pada kulup penis bayi, barulah dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan sunat pada bayi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *