Ilustrasi depresi karena kurang olahraga (freepik)
Kesehatan

Waspada, Banyak Rebahan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

DOTLARE — Masa pandemi bukan cuma menyulitkan kita dalam beraktivitas. Tapi juga memicu munculnya gangguan kesehatan dan penyakit.

Kasus positif Covid-19 membuat banyak orang enggan keluar rumah, termasuk Bunda dan keluarga tentunya. Pembatasan jarak dan sosial mau tidak mau memang harus dilakukan untuk mencegah meluasnya penularan virus mematikan ini.

Tapi berdiam diri dan mengurangi atau bahkan tidak sama sekali berolahraga juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bukannya sehat, berada di rumah tanpa aktivitas olahraga juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Nah Bunda dan keluarga tetap harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan aktif berolahraga. Karena tidak berolahraga juga berdampak negatif bagi tubuh kita. Berikut ini sejumlah potensi gangguan kesehatan yang mengancam tubuh bila kita tidak atau kurang berolahraga:

1. Gampang Sakit
Berolahraga rutin itu bisa meningkatkan kinerja sel darah putih. Perlu Bunda dan keluarga tahu, sel darah putih itu berfungsi melawan bakteri yang masuk ke tubuh.
Imunitas tubuh akan melemah bila tubuh tidak aktif berolahraga. Akibatnya tubuh menjadi gampang sakit.

2. Jadi lebih cepat lupa
Agar hal ini tidak terjadi, Bunda dan keluarga bisa melakukan latihan aerobik ringan di dalam rumah. Gerakan-gerakan aerobik bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Awas hipertensi dan gula darah naik

3. Mengganggu kesehatan mental
Terlalu banyak rebahan dalam waktu lama bisa memicu terganggunya kesehatan mental. Aktivitas olahraga menjauhkan Bunda dan keluarga dari gangguan kesehatan mental.
Kenapa? Karena dengan berolahraga akan mengeluarkan hormon dopamin dan serotonin, yang berkaitan dengan rasa senang atau bahagia.

4. Tulang berpotensi keropos
Oleh karena itu, Bunda dan keluarga harus tetap aktif berolahraga. Lakukan olahraga ringan setidaknya sampai tiga kali dalam sepekan. Hal ini untuk menjaga massa dan fleksibilitas tulang.

5. Terancam hipertensi
Penyakit yang mengintai Bunda dan keluarga bila tidak berolahraga adalah hipertensi dan naiknya gula darah. Hal itu bisa terjadi karena gula dalam darah tidak terserap untuk energi, lantaran otot tidak bekerja maksimal. Sirkulasi darah juga menjadi tidak lancar karena kurangnya berolahraga. Lebih parah lagi, bisa memicu munculnya penyakit jantung, stroke, atau kerusakan ginjal.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *