Pasta Gigi
Kesehatan

Yang Seperti Apa Sih Pasta Gigi untuk Si Kecil

DOTLARE – Apakah si kecil sudah tumbuh gigi dan saatnya diajari menggosok gigi? Jika iya, pasta gigi yang seperti apa yang paling tepat untuk si kecil?

Untuk diketahui, kekuatan gigi susu serta enamel gigi anak hanya setengah dari kekuatan gigi permanen. Itulah sebabnya penting untuk merawat gigi si kecil sejak dini. Apalagi jika si kecil gemar makan makanan manis seperti permen dan cokelat yang dapat merusak gigi.

Dalam memilih pasta gigi anak, pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Sebab, zat ini dapat membuat permukaan gigi menjadi keras dan tahan terhadap asam yang diproduksi oleh bakteri. Zat ini juga sangat ampuh untuk mencegah pengeroposan gigi.

Walaupun begitu, pemakaian pasta gigi harus menyesuaikan dengan usia anak ya. Untuk anak dibawah usia 3 tahun, cukup berikan sedikit pasta gigi yakni di ujung sikat gigi.

Pemilihan pasta gigi untuk si kecil yang tidak mengandung zat pemutih dan detergen ya Bunda. Jika gigi si kecil ada kasus fluorosis yang cukup parah dengan ditandai bercak kuning atau cokelat pada gigi, sebaiknya konsultasi ke dokter gigi.

Mengembalikan warna pada gigi tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Kandungan zat pemutih pada pasta gigi dewasa pun tidak bisa mengubah warna gigi secara instan.

Salah satu cara agar si kecil mau menyikat giginya secara rutin adalah menggunakan pasta gigi dengan rasa buah yang enak. Saat ini banyak sekali produk pasta gigi dengan berbagai macam pilihan rasa buah yang manis. Tentunya ini membuat si kecil semangat untuk menyikat giginya.

Oh ya. Jangan lupa, gunakan air matang untuk melatih si kecil menyikat gigi sendiri ya. Ini untuk jaga-jaga kalau air kumur itu tertelan si kecil. Cobalah juga untuk mengajak si kecil bercermin saat menyikat gigi bersama. Ia pasti bangga bisa menggosok gigi dengan benar.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *